Komikalisasi Lagu Putih ERK

Saya merasa harus mengabadikan link ini di blog saya ini. Produk turunan menurut saya adalah apresiasi paling tinggi dari sebuah karya. Ketika pertama kali mendengar lagu ini, Saya pun punya banyak khayalan seandainya saya membuat videonya. Muhammad “mstmnd” Iqbal, sedikit banyak menghidupkan khayalan saya itu pada bagian “Tiada” yang memang liriknya lugas dan deskriptif. Imajinasi kami berpisah di bagian “Ada” yang memang liriknya lebih metaforik dan puitik. Tapi tetap, perbedaan imajinasi itu tidak membuat lagu dan komikalisasinya ini berkurang nilai kekerenannya.

Great job!

Dari channel Youtube empunya komik:

Komik dengan musik (yang kemudian dinamakan komikalisasi, sebagaimana karya komik dari puisi “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi Djoko Damono oleh Mansjur Daman dengan musik oleh Ari Reda) ini mulanya saya buat sebagai tugas perkuliahan apresiasi desain, DKV ITS Surabaya.

Komikalisasi yang saya buat ini merupakan persembahan bagi mereka yang gugur dalam memperjuangkan keadilan, dan bagi kehadiran harapan baru. Sebagaimana lirik lagu aslinya yang terbagi atas dua bagian, dengan bagian pertama berjudul “Tiada” yang dimaksudkan untuk Adi Amir Zainun, dan “Ada” untuk Angan Senja, Rintik Rindu dan ‘semua harapan di masa depan’.

Saya menyadari posisi komikalisasi ini yang pada akhirnya memenggal interpretasi kawan – kawan pada lagu ‘Putih’ ini, namun tujuan saya sejatinya hanya berbagi interpretasi saya tentang lagu ini. Maka komik ini sangat terbuka pada apresiasi positif maupun negatif. Dan jika ada dari kawan – kawan yang membuat karya yang serupa, silakan berkabar dan saya akan sangat senang jika dapat belajar darinya.
Ucapan terimakasih : Tuhan YME, Bu Senja Aprela, Mas Tony Midi (terimakasih masukannya), dan kawan – kawan yang sudah sudi menonton karya ini.

NB : terdapat kesalahan lirik yang baru ketahuan sesaat sebelum saya unggah, pada bagian ‘tiba – tiba datang atau dihentikan’, yang seharusnya ‘tiba – tiba datang atau dinantikan’.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s